FANDOM

Berikut adalah penjelasan mendalam mengenai Enigma yang muncul pada cerita Non Sequitur .

Non SequiturEdit

Owner : Nobunaga Shinra

Type : Unknown

Target : Unknown

Non Sequitur (Mukankei na Hatsugen; Unrelated Remark) adalah kemampuan anti-logic yang dikhususkan untuk membantah suatu pernyataan yang ada dengan sesuatu yang sama sekali tidak ada hubungannya. Pada kasus Shinra, [Non Sequitur] digunakan untuk membuat hukum yang berlaku di alam atau kehidupan menjadi tidak sesuai dengan yang seharusnya. Sebagai contoh, Shinra dapat mencegah kematian seseorang yang mengalami kecelakaan dengan berbekal pemikiran 'orang yang mengalami kecelakaan akan terluka berat' dan 'orang yang terluka berat pasti mati'.

[Non Sequitur] adalah kemampuan untuk menolak. Syarat penggunaannya adalah pemikiran Shinra mengenai dua premis, dan konklusi yang 'pasti dapat dibantah'. Sayangnya, kemampuan Enigma ini adalah kemampuan yang tidak bisa digunakan sesuai kehendak sadar, sehingga hanya aktif tanpa pernah Shinra ketahui dengan benar cara kerjanya.

Diketahui mampu menghapus efek dari Enigma lain, seperti yang terjadi di masa lalu saat [Day of Idleness] milik Nana tak bisa dihentikan dan saat menghancurkan [World of Liar] milik Shuutarou di akhir cerita.

Day of IdlenessEdit

Owner : Nana Sylvetta

Type : Internal

Target : World

Day of Idleness (Taida no Hi) adalah kemampuan untuk mengulang satu hari (24 jam) yang telah lalu. Secara sederhana, [Day of Idleness] adalah kemampuan untuk kembali ke masa lalu, namun terbatas oleh beberapa hal. Pertama, Enigma ini hanya membuat pengguna dan orang yang ditarik oleh pengguna tepat ke 24 jam yang lalu, tidak bisa diatur lebih atau kurang dari angka itu, dan tentunya tidak memedulikan keadaan apa yang tengah berlangsung saat 24 jam yang lalu tersebut. Kedua, sekalinya kemampuan ini digunakan, maka Nana tidak bisa menggunakannya untuk 24 jam ke depan. Hal ini ditandai dengan tampilan hitung mundur 24 jam yang terlihat bila Nana dan orang yang diseret dengan [Day of Idleness] bersamanya menutup mata.

Di masa lalu, kemampuan ini tak bisa dikontrol oleh Nana, membuat ia dan Shinra terjebak di suatu hari yang berulang hingga ribuan kali. Setelah ia menguasaninya, kemampuan ini sangat berguna sebagai tombol reset setiap kali sesuatu yang buruk terjadi.

Parasite HeartEdit

Owner : Sasaki Minami

Type : Internal

Target : Life

Parasite Heart (Kiseichuu no Kokoro) adalah kemampuan untuk merasuki tubuh orang lain, dengan cara memeluk orang tersebut sambil melakukan kontak mata. Kemampuan yang sederhana, namun dapat digunakan pada lebih dari satu orang, sehingga Minami dapat mengendalikan sekelompok orang dengan kesadaran yang terbagi. Selain itu, Minami juga dapat memeriksa ingatan dan pikiran orang yang ia rasuki. Kelemahan utama dari kemampuan Enigma ini adalah hilangnya kesadaran tubuh asli Minami, walau ia bisa melihat keadaan tubuh aslinya (tanpa harus berada di dekat tubuh tersebut) dan merasakan apa yang tubuh aslinya rasakan.

Kemampuan Enigma ini juga membuat Minami mendapatkan pengalaman dan ilmu dari apa yang ia lakukan dan dapatkan selama merasuki tubuh seseorang. Hal inilah yang membuatnya mampu menguasai olahraga apapun dalam waktu singkat, sebelum kemudian dikalahkan oleh Shinra dan membuatnya memutuskan untuk tidak menggunakan kemampuan ini sembarangan.

Snake EyesEdit

Owner : Ichiro Miroku

Type : Internal

Target : Fate

Snake Eyes (Hebi no Me) adalah kemampuan untuk melihat probabilitas dari segala sesuatu. Sangat berbanding terbalik dengan namanya, namun itu digunakan oleh Miroku untuk mengelabui, agar seolah-olah kemampuannya adalah 'keberuntungan'. Sebenarnya dia sendiri tidak suka pada sesuatu yang telah digariskan seperti takdir, maka dari itu ia menggunakan Enigma ini untuk banyak hal yang mengubah takdirnya sendiri. Secara teknis penggunaannya, [Snake Eyes] membuat Miroku dapat melihat apa yang akan dihasilkan oleh tindakannya. Sebagai contoh, bila ia mengerjakan soal pilihan ganda, ia akan melihat kemungkinan nilai yang ia dapat berdasarkan jawabannya. Penjelasan dari Miroku mengatakan bahwa kemampuannya 'seperti melihat flag map sebuah visual novel'.

Seperti halnya Minami, kemampuan inilah yang membuat Miroku mencapai gelar peringkat satu di sekolah yang ia terima saat ini. Sempat dikejutkan karena penglihatannya mengenai probabilitas Shinra sebagai 'pemilik dunia' dan kepatuhan Minami dalam menjalankan misi darinya ternyata salah, yang berarti [Snake Eyes] tidak memberikan gambaran akurat, atau takdir memang sesuatu yang dapat berubah sewaktu-waktu.

Rear ArmsEdit

Owner : Tsukigami Kouji

Type : External

Target : Life

Rear Arms (Kouko no Buki; Weapon of the Back) adalah kemampuan untuk menggantikan eksistensi seseorang. Berbeda dengan [Parasite Heart] yang hanya menempati fisik untuk sementara waktu, efek dari [Rear Arms] akan membuat Kouji menggantikan seseorang sepenuhnya, baik itu nama, fisik, hingga kemampuannya sendiri. Kouji mengaku bahwa ia bukanlah orang bernama 'Tsukigami Kouji' yang sebenarnya, dan memiliki kemampuan lain selain [Rear Arms], membuatnya menjadi satu-satunya tokoh yang memiliki lebih dari satu Enigma. Namun dalam cerita, hanya kemampuan Enigma milik Miroku yang berhasil ia dapat dan tunjukkan.

Tidak diketahui apakah eksistensi seseorang yang digantikan oleh pengguna [Rear Arms] dapat kembali seperti semula, namun penglihatan terakhir Miroku mengatakan bahwa 'kemungkinannya bukan 0%'.

OverleafEdit

Owner : Kanata Haruka

Type : External

Target : Fate

Overleaf (Tsugi no Peeji; Next Page) adalah kemampuan untuk melompat ke waktu di masa depan. Bila diibaratkan dalam suatu film, [Overleaf] sama dengan tombol skip pada remote control. Kemampuan ini membuat Haruka tidak perlu menjalani hidupnya dan bisa melompat ke titik kehidupannya yang ia kehendaki. Namun, ia tidak bisa kembali ke masa lalu. Bila ia meloncat ke 10 tahun kemudian, maka ia akan mendapati dirnya telah 10 tahun lebih tua, dan tidak mengetahui apapun mengenai apa yang terjadi padanya selama waktu 10 tahun yang ia lewati tersebut.

Batasan penggunaan kemampuan ini adalah penggunanya tidak dapat loncat ke waktu kematiannya sendiri, walau Haruka dapat sedikit 'melihat' apa yang ia dapati di masa depan sebelum menggunakan Enigma ini. Menurutnya, 'Haruka' yang menjalani kehidupannya selama ia menggunakan [Overleaf] adalah 'sosok ideal yang ia inginkan', atau bisa diibaratkan Haruka seperti memiliki dua kepribadian : kepribadian default yang mengisi kekosongan selama masa penggunaan [Overleaf] (tidak tahu soal Enigma), dan kepribadian asli dari dirinya yang hanya muncul sesekali.

World of LiarEdit

Owner : Hanazawa Shuutarou

Type : External

Target : World

World of Liar (Usotsuki no Sekai) adalah kemampuan untuk menciptakan dunia sendiri dengan satu kebohongan. Dunia yang diciptakan oleh Enigma ini bukanlah dunia dari nol, melainkan dunia sebagaimana dunia nyata biasa dengan tambahan 'aturan' sesuai yang ditetapkan oleh penggunanya saat dunia ini tercipta. 'Aturan' tersebut haruslah sesuatu yang sejatinya adalah 'kebohongan' di dunia asli. Sebagai contoh, bila pengguna [World of Liar] menetapkan aturan bahwa 'tidak ada manusia yang bisa mati', maka terciptalah dunia seperti itu di samping dunia nyata.

Dunia dari Enigma ini besifat paralel dengan dunia asli, sehingga bila dunia tersebut hancur, semua akan kembali ke dunia asli (ke waktu saat Enigma ini digunakan, tak peduli berapa lama sebenarnya [World of Liar] telah berlangsung). Pengguna [World of Liar] juga tidak bisa menciptakan dunia kedua di dalam dunianya sendiri. Diketahui pula bahwa [World of Liar] tidak akan hancur sekalipun pemiliknya mati, dan hanya bisa ditutup dengan mengungkap kebohongan yang digunakan sebagai dasar dari dunia ini.